Seringkali teman-teman sering menyebut topeng pada gambar dibawah ini adalah topeng anbu. Itu juga saya temui ketika saya mengupload karya saya  di jejaring sosial, facebook, twitter ataupun di akun instagram saya selalu ada yang komentar “apakah ini topeng anbu?” bagaimana menjelaskannya ya. Kepanjangan kalau ditulis dalam komentar social network supaya benar-benar mengerti, jadi saya tulis di blog saja jawabannya :)
klik gambar untuk zoom in
Red Hoodie and  Mask

Persona
Kitsune Mask (fox mask=topeng rubah) adalah topeng tradisional dari jepang berbentuk rubah. Rubah tersebut adalah utusan sekaligus pelayan Inari (Inari Okami, salah satu dewa orang jepang. dewa pemberi kesuburan pada sawah/padi/pertanian). Rubah tersebut bernama Byakko, rubah berwarna putih. oleh karena itulah topeng kitsune selalu berwarna putih ditambah dengan garis-garis merah.
Sedangkan Anbu adalah kelompok ninja elit dalam anime Naruto, jujur saya kurang tau apa tugas anbu tersebut karena saya tidak mengikuti anime Naruto, hanya menontonnya ala kadarnya dan tidak terlalu suka. Heu. Yang saya ketahui adalah salah satu anggota Anbu, yaitu Kakashi Hatake dan anbu menggunakan topeng untuk menutupi identitas mereka yang sebenarnya.
Topeng Anbu Kakashi

Namun setelah saya pelajari lebih lanjut, ternyata topeng para Anbu tidak selalu berupa topeng kitsune (topeng rubah). Hal ini bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Jadi sudah jelas kesimpulannya, Topeng Kitsune bukanlah topeng anbu, melainkan topeng salah satu anggota anbu yang kebetulan berupa topeng rubah (kitsune mask). Karena topeng anbu tidak hanya berbentuk rubah, namun juga binatang lain seperti kucing, kodok, monyet, kappa dan lain sebagainya.

topeng anbu
Topeng Kitsune

Topeng kitsune biasanya dijual pada festival untuk cinderamata. Untuk dipakai sebagai topeng mainan, untuk digunakan dalam seni tari, acara cosplay atau sebagai pajangan. Sebagian orang bercaya topeng ini membawa keberuntungan. Sedangkan bagi saya topeng ini hanya sebagai objek yang menarik untuk digambar :D
Mitologi
 
Rubah dalam mitologi rakyat Jepang adalah hewan yang dipercaya membawa kemakmuran dan kesuburan terutama bagi petani. Oleh karena itu rubah di hormati oleh masyarakat jepang dan biasanya dibuat patungnya sebagai ornamen pada kuil-kuil.
Dalam cerita lain, rubah diyakini bisa berubah wujud menjadi manusia. Mereka biasanya berubah wujud menjadi manusia untuk mengelabuhi manusia. Bukan hanya wujud yang ditiru, namun juga sifatnya. Biasanya mereka menyamar menjadi perempuan cantik untuk menggoda manusia.
Dalam legenda jepang, Kyuubi no Kitsune atau rubah berekor sembilan adalah Rubah berkekuatan mistik yang menyerang masyarakat di Jepang. Hingga Kaisar Konoe mengutus Kazusa-no-suke dan Miura-no-suke bersama 80,000 pasukannya untuk membunuh rubah berekor sembilan tersebut.
Di Korea, rubah berekor sembilan disebut sebagai Kumiho, merupakan makhluk mistik yang berwujud rubah dan berusia lebih dari seribu tahun. Arwah rubah selalu dianggap sebagai makhluk jahat oleh masyarakat Korea, berbeda dengan jepang yang menghormati rubah sebagai pembawa berkah dan keberuntungan.
Baiklah, sekarang sudah tau yang mana topeng kitsune dan yang mana topeng anbu. Tulisan ini saya rangkum dari berbagai sumber informasi yang didapat dari internet maupun media lain seperti film, anime, maupun komik. Semoga bermanfaat :)