Jumat, 17 April 2015

LEGENDA KITSUNE

kitsune
kitsune
Negara Jepang ternyata punya banyak legenda dan mitos. Bicara tentang legenda dan mitos, yuk kita bahas tentang siluman. Salah satu legenda yang cukup terkenal di negeri Sakura ini adalah Rubah ekor sembilan atau disebut juga Kitsune. Menurut cerita masyarakat jepang, siluman satu ini sungguh sakti mandraguna dan bisa ‘henshin‘ menjadi manusia.
Legenda siluman rubah ini ternyata sudah ada sejak jaman Jepang kuno sekitar abad ke-5 SM. Kitsune ini adalah siluman yang cerdas, sakti dan berumur panjang. Semakin tua usiaKitsune, maka dia akan semakin sakti. Dalam legenda Jepang Kitsune tertua memiliki 9 ekor dan memiliki bulu putih keemasandan sering disebut kyubi no kitsune. Kesaktiannya luarbiasa.
Kitsune sangat suka berubah wujud menjadi manusia. Siluman ini paling sering berubah wujud menjadi wanita. Karena di Jepang, wanita dianggap cantik jika berwajah mirip rubah (berwajah tirus, tulang pipi tinggi dan alis tipis). Konon kabarnya karena sangat cantik,Kitsune yang menjelma menjadi wanita ini mampu membuat pria jatuh cinta hingga mau menikah dengan mereka.
Kemampuan lain Kitsune adalah merasuki manusia. Cerita tentang kerasukan siluman rubah ini banyak diceritakan dalam legenda Jepang dan disebut sebagai Kitsunetsuki. Apabila kerasukan Kitsune, korban akan bersifat seperti rubah, seperti sering menyalak, tiduran di jalan dan berlari kencang.
Hingga kini kisah Kitsune sangat populer di Negara Sakura ini. Buktinya, Kitsune sering dimunculkan dalam cerita komik manga. Dalam manga Naruto misalnya. Faktanya, kebanyakan orang Jepang masih menyebut gejala mengigau karena demam tinggi adalah gejala kerasukan Kitsunetsuki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar